Thursday, April 6, 2017

Gotong Royong Perbaikan Jalan Bersama Masyarakat

PT. Agro Bukit di Kota Waringin Mengadakan Gotong Royong Perbaikan Jalan Bersama Masyarakat Sekitar


Kepedulian masyarakat terhadap pembangunan infrastruktur khususnya di daerahnya dibuktikan dengan antusias mereka dalam melakukan gotong royong bersama di lingkungan tempat tinggal mereka. Hal tersebut juga  yang dilakukan oleh warga Desa Penyang, Kecamatan Telawang, Kotawaringin Timur Kalteng dengan menggandeng pihak perusahaan setempat yaitu PT. Agro Bukit dalam memperbaiki akses jalan yang terendap lumpur karena genangan curah hujan yang tinggi.

Kegiatan gotong royong bersama yang dilakukan oleh masyarakat setempat dan PT. Agro Bukit dilakukan pada hari Minggu (27 Maret 2017) dihadiri oleh puluhan masyarakat, perangkat desa dan beberapa perwakilan karyawan dan staf dari PT. Agro Bukit. PT. Agro Bukit sendiri selain mengirimkan langsung karyawannya, juga memberikan bantuan peralatan gotong royong berupa cangkul, pasir, batu padas dan peralatan lainnya yang dibutuhkan.

Kepala Desa setempat yang hadir dalam kegiatan gotong royong tersebut mengatakan bahwa kegiatan gotong royong ini sangatlah bermanfaat sekali dilakukan, karena kegiatan ini juga sudah pernah dilakukan sebelumnya. Ia melanjutkan bahwa Desa Penyang merupakan daerah yang memiliki jalan penghubung yang sebagian jalannya masih berupa tanah liat. Kondisi tersebut mengakibatkan jalan akan mengalami kondisi yang licin bercampur lumpur karena diguyur oleh air hujan, apalagi dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

Warga atau masyarakat yang berlalu lalang merasa kesulitan untuk melewati kondisi dengan  jalan yang berlumpur tersebut. Akibatnya tidak jarang warga yang terperosok ke endapan lumpur saat melintasinya. Namun dengan adanya kegiatan gotong royong yang mereka lakukan, sedikit banyaknya akan membantu memperbaiki kondisi jalan yang berlumpur tersebut.

Perwakilan dari PT. Agro Bukit juga mengatakan bahwa gotong royong ini membuktikan bahwa adanya kesadaran dan kepedulian bersama antara warga dan pihak perusahaan dalam  memperbaiki infrastruktur desanya dari berbagai persoalan dan kondisi yang dihadapi pada saat sekarang ini. Tak terkecuali dengan kondisi atau keadaan jalan di desa mereka yang masih berupa tanah liat yang memiliki konsekuensinya disaat cuaca yang tidak bersahabat seperti hujan dengan intensitas yang tinggi yang mengakibatkan jalan akan berlumpur dan licin dibutuhkan tindakan perkerasan jalan dengan berbagai cara yang tepat.

Selain itu, gotong royong ini juga bermanfaat untuk memupuk rasa kebersamaan antara warga, karyawan dan perusahaan dilingkungan desa Panyang ini dan menciptakan suasana kekeluargaan melalui kegiatan yang bermanfaat bagi semua pihak, tidak hanya bagi masyarakat, namun juga bagi perusahaan yang setiap harinya juga menggunakan akses jalan tersebut untuk operasional kegiatan pengangkutan buah sawit menuju ke tempat penimbangan perusahaan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan gotong royong ini akan melahirkan kerja sama lainnya yang bermanfaat dan dapat dilakukan seterusnya secara rutin guna kepentingan bersama untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang berkelanjutan, ucapnya.

Seperti diketahui bahwa PT. Agro Bukit merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah yang memiliki areal perkebunan dibeberapa lokasi seperti di Desa Penyang, Kecamatan Telawang, Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah ini. Lokasi areal perkebunan yang dimiliki oleh PT. Agro Bukit di beberapa desa juga merupakan bagian dari tanggung jawab perusahaan terhadap kondisi atau keadaan desa di lingkungan tersebut.

Kalimantan Tengah

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.